Jumat, 26 September 2014

Apa itu pH?

Banyak orang bimbang,muncul banyak pertanyaan sebenarnya berapakah pH air yang baik untuk kita konsumsi setiap hari? Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai hal tersebut, alangkah baiknya jika kita mengenal apa itu pH sebenarnya?

pH adalah Salah satu pengukuran yang sangat penting dalam berbagai cairan proses (industri, farmasi, manufaktur, produksi makanan dan sebagainya) yaitu pengukuran ion hidrogen dalam suatu larutan . Merupakan suatu ekspresi dari konsentrasi ion Hidrogen (H) didalam air, besarannya dinyatakan dalam minus logaritma dari konsentrasi ion H. Larutan dengan harga pH rendah dinamakan "asam" sedangkan yang harga pH-nya tinggi dinamakan "basa". 

Skala pH terentang dari 0 (asam kuat) sampai 14 (basa kuat) dengan 7 adalah harga tengah mewakili air netral. Sebagai contoh, bila dinyatakan pH suatu cairan adalah 6, maka hal ini diartikan sebagai konsentrasi H dalam air tersebut adalah 0,000001 bagian dari total larutan. Begitu juga dengan pH 5 yang berarti konsentrasi H dalam air tersebut adalah 0,00001 bagian dari total larutan. Oleh karena itu pH diartikan sebagai " - (minus) logaritma konsentrasi ion H"

                                                        pH = - log (H)


yang perlu diperhatikan lagi adalah bahwa selisih satuan pH maka berarti ada perbedaan konsentrasi 10 kali lipat. Dengan demikian apabila selisih angkanya adalah 2, maka perbedaannya adalah 10 x10 = 100 kali lipat. Sebagai contoh pH 5 menunjukkan konsentrasi  H sebanyak 0,00001 atau seperseratus ribu, sedangkan pH 6 berarti 0,000001 atau sepersatujuta. 

Dengan demikian dimisalkan kalau kita memiliki larutan gula dengan pH 6 dan akan diturunkan menjadi pH 5 maka sama artinya larutan gula tersebut akan memiliki kemanisan meningkat 10 kali lipat lebih manis dibandingkan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar